Resep dan Cara Membut Keripik Pisang [Rasa Unik]

Posted on

cara membuat keripik pisang aneka rasa

Nuansa.web.id | Resep dan Cara Membut Keripik Pisang [Renyah dan Enak] – Keripik pisang adalah salah satu penganan yang berasal dari buah pisang yang setengah matang. Keripik pisang semakin populer saat ini dengan banyaknya rasa yang bervariasi. Contohnya kripik pisang rasa coklat, rasa asin, rasa keju, rasa pedas dan aneka rasa lainnya. Jenis pisang yang paling disukai ibu-ibu biasanya adalah pisang kepok.

Kripik pisang bisa mudah kita temui di supermarket dengan kualitas sangat baik dan tidak lengket. Beberapa daerah penghasil keripik pisang terbaik adalah propinsi Lampung. Ketersediaan buah pisang yang melimpah di propinsi Lampung membuat para petaninya berkreasi untuk mengolah buah pisang dan tidak menjualnya saat dalam kondisi mentah.

Semenjak saat itu para petani berinisiatif untuk membuat keripik pisang dan memasarkannya ke perkampungannya. Saat ini keripik pisang sudah lekat dengan Propinsi Lampung sebagai makanan khas dari daerah tersebut.

Cara Membuat Keripik Pisang Aneka Rasa Khas Lampung

Adapun bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan antara lain adalah:

  1. 1-2 sisir pisang kapok setengah matang
  2. 1 liter minyak goreng
  3. 1 Sdt garam halus
  4. Varian rasa (coklat bubuk, keju bubuk atau bumbu balado)
  5. Air bersih secukupnya
  6. 2 Sdt kapur sirih
  7. Baskom / ember
  8. Penggorengan / wajan
  9. Sutil
  10. Pisau
  11. Alat pemotong pisang

Baca:

  1. Manfaat Kopi Untuk Kecantikan [Alami]
  2. Jenis Kopi Asli Indonesia Dari Berbagai Daerah [Lengkap]
  3. Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Langkah-langkah mambuat keripik pisang

cara membuat keripik pisang renyah

  1. Langkah pertama kupas pisang dengan menggunakan pisau. Pisang yang belum matang kulitnya agak sulit dibuka oleh karena itu alangkah baiknya menggunakan pisau.
  2. Selanjutnya cuci buah pisang hingga tidak terdapat getah yang menempel. Lalu potong buah pisang dengan menggunakan alat pemotong khusus keripik pisang yang dapat anda beli di pasar.
  3. Sediakan air bersih kedalam baskom dengan diberikan campuran kapur sirih. Masukkan potongan buah pisang kedalam wadah tersebut dan di biarkan hingga 30 menit.
  4. Setelah 30 menit tiriskan irisan buah pisang dari air rendaman.
  5. Langkah selanjutnya panaskan minyak goreng pada penggorengan. Setelah itu goreng hingga berwarna keemasan lalu tiriskan.
  6. Selanjutnya anda dapat menambahkan varian rasa yang banyak dijual dipasar seperti coklat bubuk. Keju bubuk, bumbu balado bubuk dan sebagainya tergantung selera anda.
  7. Cara menambahkan rasa pada keripik pisang adalah dengan cara menaburkan bumbu tambahan keatas keripik pisang lalu aduk dengan menggunakan tangan hingga rata.
  8. Selanjutnya keripik pisang sudah siap untuk anda hidangkan.

Nah itulah resep dan cara membuat keripik pisang yang sangat mudah dan dapat anda praktikan dirumah. Keripik pisang bukanlah makanan yang cepat basi jadi aman untuk dimakan dalam waktu yang lama. Agar keripik pisang tidak mudah melempem maka masukkan keripik pisang kedalam wadah yang kedap udara seperti toples dan sebagainya.

Leave a Reply