Cara Mudah Menanam Daun Sirih di Rumah Sendiri

Posted on

cara menanam daun sirih sendiri di rumah

Panduan Mudah Menanam Daun Sirih di Rumah – Daun sirih merupakan jenis tanaman herbal yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Sudah lama juga daun sirih dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Saat ini daun sirih sudah dijadikan sebagai salah satu tanaman obat keluarga yang semestinya bisa di tanam disekitar lingkungan anda untuk keperluan banyak orang.

Mengingat belum banyak yang mengerti tentang cara menanam daun sirih, maka kali ini seputarpertanian akan menjelaskan kepada para pembaca setia tentang cara menanam daun sirih sendiri. Sebenarnya menanam daun sirih bukan lah hal sulit apa lagi jika kita mengenal manfaat dan sirih, pasti kita ingin langsung menanamnya.

Untuk anda yang ingin mengenal manfaat daun sirih seputarpertanian akan memberikan ulasan singkatnya. Pada umumnya daun sirih sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan herbal manusia antara lain untuk mengobati radang tenggorokan, penyakit pernapasan seperti asma, obat sakit gigi, penghilang bau mulut dan ketiak, obat keputihan dan masih banyak lagi.

Cara Menanam Daun Sirih

Menanam tanaman herbal sejatinya memiliki banyak keuntungan apalagi jika kita tahu jelas tentang kandungan dan manfaat tanaman herbal tersebut. Saat ini sudah banyak orang yang menanam tanaman herbal di sekitar pekarangan rumahnya yang bertujuan untuk dipergunakan ketika ada keluarga dan kerabat yang membutuhkannya.

Salah satu yang paling banyak di gunakan sebagai tanaman herbal adalah tanaman sirih. Daun sirih merupakan bagian utama yang dimanfaatkan dari tanaman tersebut. Teknik menanamnya pun tidaklah rumit,

  1. Langkah pertama yaitu mempersiapkan media tanam yang cocok untuk digunakan sebagai media tanam sirih.
  2. Gunakan campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 2:2:1 dan gunakan pot sebagai tempat media tanamnya. Sebaiknya gunakan pot yang sudah terdapat lubang di bagian bawahnya untuk memudahkan penyiraman nantinya agar air tidak menggenang pada media tanam karena dapat menyebabkan akar tanaman menjadi busuk.
  3. Untuk menanam daun sirih anda dapat menggunakan bibit hasil stek dari indukan yang baik. Apabila anda melakukan stek sendiri, sebaiknya pilihlah bagian batang yang sudah tua. Setelah sudah anda pastikan batang tuanya maka anda dapat langsung memotong batang tersebut lalu direndam kedalam air bersih selama kurang lebih 15 menit.
  4. Selanjutnya tancapkan batang stek tadi pada permukaan media tanam yang telah disiapkan. Untuk perawatan tanaman sebaiknya siram tanaman sirih sebanyak dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Letakan tanaman pada tempat yang memiliki kelembaban sekitar 60-70% dan tidak langsung terkena sinar matahari. Setelah tanaman berumur 1 bulan, pasanglah ajir tanaman karena daun sirih merupakan tanaman merambat yang membutuhkan penopang ketika tumbuh.

Itulah tips singkat dan simpel sebagai panduan mudah menanam daun sirih di rumah yang dapat anda terapkan sendiri. Selamat mencoba dan semoga sukses!!!

Kunjungi artikel terkait:

  1.  5 Cara Menanam Timun Yang Baik
  2. Cara Menanam Singkong [Buah Lebat dan Berbobot]
  3. Cara Menanam Wortel [Hasil Memuaskan]
  4. Cara Menanam Anggur di Pot [Cepat Berbuah]
  5. Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *